DOKTRIN MONROE

Presiden Amerika Serikat ke 5 ( 1817-1825) James Monroe

Kalau doktrin Monroe adalah sebuah kata-kata, maka tak ada kata-kata bersayap yang lebih luas dan lebih panjang makna dan pengaruhnya dari kata Doktrin Monroe (1823). Luas karena mencakup seluruh benua Amerika ( Utara Tengah, Selatan) lengkap dengan ratusan juta penduduknya, panjang karena mencakup waktu yang lumayan lama>doktrin itu selalu diungkit ungkit kembali di zaman Roosevelt ketika krisis Panama, di zaman Kennedy ketika krisis Kuba di zaman Reagan ketika krisis Grenada dan kini oleh pemerintahan Obama menyangkut keanggotaan Kuba pada konperensi OAS ( Organization of American States/ Organisasi Negara negara di benua Amerika) di Kartagena yang baru selesai Minggu kemarin (15 April 2012).
Apa isi doktrin yang diperkenalkan oleh presiden ke 5 AS (1817-1825) James Monroe itu?
Secara ringkas dapat dikatakan bahwa Amerika Serikat pada saat itu akan menentang dan siap berperang kepada negara manapun di luar benua Amerika yang berusaha ikut campur tangan dalam urusan dalam negeri negara negara di benua Amerika, terutama disini Amerika Selatan. Kenapa doktrin ini muncul? Saat itu bayi raksasa AS sedang menanjak remaja, tak terhindarkan lagi muncul konflik konflik dengan super power lainnya terutama Spanyol dan Portugis, yang kepentingan mereka di wilayah yang bersinggungan dengan AS, sedang dalam bahaya. Inggris musuh bebuyutan AS waktu itu mendukung doktrin ini karena lebih memusuhi Spanyol dan Portugis dalam soal Amerika Selatan.
Ketika itu wilayah jajahan Spanyol dan Portugis di Amerika Selatan memerdekakan diri satu demi satu dan tentu saja mereka ( Spanyol dan Portugis) berusaha membatalkan kemerdekaan negara negara Amerika Latin dengan cara apapun. Persis seperti RI beberapa saat setelah Proklamasi menyatakan kemerdekaanya diserang Belanda yang masih merasa sebagai pemilik sah Nusantara berusaha dengan segala cara membatalkan berdirinya RI.
America’s for Americans (benua Amerika hanya untuk bangsa Amerika) demikian semboyan Monroe waktu itu ( diadopsi oleh Bung Karno : Asia untuk Asia ketika kampanye Dwikora dulu). Dan dengan itu bermunculanlah dengan selamat hingga kini ,belasan negara negara Amerika Latin yang ironisnya, saat ini sedang hangat hangatnya menentang hegemoni AS yang dulu, sedikit banyak telah membantu menyelamatkan kemerdekaan mereka dengan “The Monroe Doctrine” nya ini.

( sumber Wikipedia)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: