BENSIN HARGA IMF PUNYA

TOTAL, salah satu perusahaan minyak asing yang menikmati peraturan Migas yang baru

Harian Warta Kota terbitan hari ini 27 Mei 2008 di halaman 5 memberitakan soal dibelakang layar kenaikan BBM,tepat sehari setelah kemarin saya memposting soal hubungan antara kenaikan BBM/BBC dengan pencabutan Travel Warning pemerintah Amerika Serikat.
Judul artikelnya:
PEMERINTAH INGIN IKUT HARGA DUNIA
Pengamat ekonomi kerakyatan Revrisond Baswir menilai bahwa tidak ada alasan tertentu untuk menaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Hal itu terjadi karena sejak awal sudah sepakat akan melepas harga minyak sesuai dengan pasar (dunia).
Penilaian itu dikatakan di sela sela diskusi: Keberadaan Pancasila dalam dinamika Politik Kekinian di Indonesia yang berlangsung di Gedung MPR/DPR di jalan Gatot Subroto Jakarta pada Senin 26 Mei 2008.
Kesepakatan itu ( harga BBM Indonesia= harga dunia) merupakan bagian dari LOI (Letter of Intent) antara Pemerintah RI dengan IMF yang ditanda tangani tahun 1998.
Sehubungan dengan LOI tadi pemerintah telah membuat draft Undang-Undang Minyak dan Gas Bumi (UU MIGAS) yang baru pada tahun 1999. Hanya saja sempat mendapat tentangan dari Pertamina waktu itu. kata Revrisond.
Pada tahun 2000 (pemerintah) Amerika Serikat melalui USAID menyediakan pinjaman bagi pemerintah kita untuk memulai liberalisasi tersebut.
Bunyi UU MIGAS no 22 tahun 2001 pasal 28 ayat 2 adalah:
Harga bahan bakar minyak dan harga gas bumi diserahkan pada mekanisme persaingan usaha yang sehat dan wajar.
Begitu UU ini diberlakukan pemerintah langsung memberi izin kepada perusahaan asing untuk membuka SPBU ( Stasiun Pengisian BBM untuk umum). Hingga kini sudah ada 40 perusahaan yang memegang izin serupa itu.
Target Pemerintah sebenarnya menargetkan memenuhi kesepakatan tersebut diatas (meliberalisasikan harga BBM) pada tahun 2005, tetapi ditengah jalan ( sebelum 2005) UU migas tersebut dibawa ke Mahkamah Konstitusi oleh Serikat Pekerja Pertamina ( mereka seharusnya mendapat bintang jasa).
Oleh Mahkamah Konstitusi pasal 28 itu dibatalkan.

Menjadi jelas :

http://www.seruu.com/utama/politik/artikel/pengamat-naikan-bbm-pemerintah-terjebak-perangkap-neolib

One Response to BENSIN HARGA IMF PUNYA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: