HARTA KARUN 1200 TAHUN

 

Dhow

Majalah National Geographic terbitan Juni 2009 mengetengahkan cerita yang buat saya cukup mencengangkan.

Cerita yang berjudul: “Made In China” oleh Simon Worrall dan Tony Law itu menampilkan hasil penemuan dan pengangkatan kapal Arab ( Dhow) yang berusia 1200 tahun di selat Gelasa dekat Pulau Belitung. Kapal ini kemudian mendapat julukan Belitung Wreck.

Sebuah kapal niaga yang dipenuhi puluhan ribu barang dagangan disaat itu. Bisa dibayangkan berapa nilai benda benda keramik dari zaman DINASTI TANG (618-907M). Namun sebenarnya tak ternilai, sebab mengandung banyak bukti bukti sejarah perairan tanah air kita 1200 tahun yang lalu ketika Borobudurpun belum ada. Namun belum selesai membaca artikel tersebut saya menjadi sangat kecewa. Karena Seluruh kapal beserta kargonya telah menjadi milik Perusahaan Sentausa Leisure Group bersama pemerintah Republik Singapura melalui sebuah lelang ditahun 2005 dengan harga jadi lebih dari 30 JUta Dollar US.

Apakah sebuah artefak seperti itu boleh di lepaskan dari kepemilikan Indonesia? Saya belum tahu Undang Undangnya . Kalau toh itu hasil kerja sama dengan team Salvage atau team pemburu harta karun lainnya, paling tidak pemerintah kita mempunyai hak dari sebagian besarnya. Tetapi kenapa terlepas semuanya? Artefak ini jauh lebih berharga daripada kapal-kapal harta karun lainnya dimana yang paling tua berasal dari zaman Portugis/ Spanyol saat menguasai selat Malaka ( sekitar 500 tahun yang lalu).

Artikel itu sendiri mengatakan bahwa Kapal dan seisinya sudah cukup untuk membuat satu Museum Bahari yang sangat penting karena “memberitakan” suasana perdagangan antara Negeri China dan Abassid di Bagdad yang merupakan dua raksasa perdagangan global waktu itu. Subjudul artikelnya sendiri (edisi Bahasa Inggris) mengatakan: “Bangkai kapal berusia 1200 tahun yang membuka jendela dari perdaganagn dunia kuno.

Rasa rasanya juga saya tidak mendengar berita di media massa, peristiwa pelelangan Kapal tersebut di tahun 2005.

Salam.
Saptono

cerita lengkapnya klik : http://ngm.nationalgeographic.com/2009/06/tang-shipwreck/worrall-text/1

Lagi lagi pemerintah menjual harta dari kapal China  karam berusia 1000 tahun di pantai Cirebon:

http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/05/04/03030149/artefak.akan.tetap.dilelang

Video: “Pengangkatan Artefak Tak Boleh Sembarangan” : http://vod.kompas.com/artefak

Gambar   GSU 3D Dhow courtesy of Axeonalias

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: