MINYAK DAN PERADABAN

Dunia sudah mulai bicara tentang habisnya cadangan minyak bumi yang telah membawa kita ke kehidupan yang kita nikmati sekarang. Apakah ini perlu dirisaukan? Kita sudah cukup nervous tergantung dengan hanya memiliki satu bumi, lalu tergantung dengan satu listrik, lalu tergantung lagi dengan satu sumber energi minyak yang mana ,semua yang hanya serba tunggal itu membuat kita sebenarnya tidak merdeka. Habisnya minyak sebenarnya berkah bagi umat manusia seberkah ditemukannya pertama kali. Karena selain membawa kemajuan luar biasa juga membawa keributan yang luar biasa karena kita pikir manusia dan minyak tidak akan terpisahkan selama lamanya.

Dari semula kebijakan manusia pasti sudah sadar bahwa minyak akan habis atau bahkan sudah akan ditinggalkan sebelum benar habis.

Pastilah kecerdasan manusia bekerja sama dengan kearifan alam akan membentuk peradaban baru pasca minyak, pasca listrik dan pasca kertas. Peradaban itu pasti lebih baik dari yang ada sekarang, karena mungkin saja tak butuh power energy hanya soft energy ( karena semua sudah tersedia dari hasil peradaban sebelumnya).

Seperti yang terjadi sebelumnya. Setiap peradaban baru tentu lebih baik dari peradaban yang digantikan.

Anggap saja peradaban yang dibentuk oleh minyak merupakan pondasi bagi peradaban berikutnya yang dibangun diatasnya.

Jadi umat manusia seharusnya bergembira ketika telah selesai mambangun pondasi sehinga bisa mulai membangun peradaban yang sebenarnya.

Yang jadi pertanyaan sekarang adalah ( menurut saya) berapa jarak waktu antara habisnya cadangan minyak dangan mulainya peradaban baru ? satu abad sebelumnya? satu abad sesudahnya?
saptono 6februari 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: