DWITUNGGAL PROKLAMATOR

 

Soekarno Hatta berdiri sigap menyampaikan salut buat Sang Saka Merah Putih di teras Rumah jl Pegangsaan Timur 56, beberapa saat setelah pembacaan teks Proklamasi.

Dwitungal Sukarno Hatta diperkenalkan dimasa orde baru. Dan saya tertarik dg istilah dwitunggal ini: Buat publik, hal ini menyeimbangkan citra Hatta dengan Citra Sukarno yang sebelumnya terlalu dominan. Sebaliknya buat rezim orde baru mengencerkan ( watered down) citra Sukarno yang bisa bisa mengalahkan citra penguasa waktu itu (kalau bandara Sukarno Hatta bernama bandara Sukarno saja tentu akan lebih membuat nama Sukarno lebih dominan lagi ditengah tengah kekuasaan orde baru yang menggulingkannya) . Buat keduanya (Bung Karno dan Bung Hatta) istilah ini secara pribadi pasti merugikan, seolah oleh mereka tidak mempunyai karisma yang independen/ harus share). tapi menurut sebuah sumber ( Handhika S. Ramadhan) istilah dwitunggal adalah dari Soekardjo Wirjopranoto, anggota PPKI, bukan sejak orba. Setelah Otto Iskandar Dinata mengusulkan Soekarno sebagai presiden dan Hatta sebagai wapres, Soekardjo mengusulkan konsepsi dwitunggal ini, yg disepakati oleh seluruh anggota PPKI.

Hatta sendiri mengisahkan ini dalam memoirnya. Beliau bercerita bahwa iniĀ adalah desakan anggota PPKI, dan konstruksi macam ini unik dalam sejarah tata negara dunia, tidak ada negara manapun yg kepala negaranya dijabat oleh dwiumvirat, namun merupakan keniscayaan bagi kondisi indonesia di masa itu.

Gambar sang Dwitunggal berasal dari plakat perunggu yang terpampang di kompleks pemakaman Bung Hatta di tanah Kusir, Kebayoran lama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: