HAKIKAT BURUNG ADALAH TERBANG

Memelihara burung sudah menjadi budaya turun temurun. baik sebagai hobby, sayang binatang bahkan sebagai kegiatan yang bernuansa prestisius. tetapi di pihak burung apakah perlakuan manusia yang memeliharanya membuat mereka bahagia? Cobalah simak sebuah cerita dari memoirs oleh Kolonel Widjanarko, bekas ajudan BK.
Suatu hari BK, seperti biasa, menerima seseorang warga biasa dari tempat terpencil di teras istananya ( acara semacam ini hanya terjadi lagi pada era Gus Dur).
Orang itu bermaksud menyampaikan rasa kagum dan hormat dengan mempersembahkan seekor burung yang menurut orang itu sangat istimewa. Tetapi apa yang terjadi kemudian? Segera setelah menerima burung itu dalam sangkar, BK segera melepaskanya. Orang itu dan orang orang yang ada disitu kaget bukan kepalang, burung itu bukan burung biasa. Tetapi apa kata BK? “ Burung itu sudah kau berikan kepadaku, jadi sudah miliku dan karena itu boleh saya perlakukan apapun yang saya mau. Buat saya disanalah tempat terbaik bagi burung itu. Terbang bebas. Bukankah hakekat burung adalah terbang? Kau masukan dalam sangkar emaspun bukan burung lagi namanya.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: