BULAN DAGOAN

 

Sekarang ini sudah lebih dari 40 tahun manusia pertama mendarat dibulan . Namun kemajuan eksplorasi bulan sejak itu boleh dikata nol.  Mengapa?
Salah satu penjelasan spekulatifnya adalah bahwa manusia memang belum pernah menjejakan kakinya dibulan . Misi ulang alik ke bulan secara logikanya memang mustahil dilakukan selama manusia belum bisa membangun pangkalan peluncuran roket di bulan untuk meluncurkan kembali astronaut ke bumi,atau ditemukannya wahana antigravitasi. Dengan kata lain proyek Apollo yang telah menelan 25 milyar dollar dalam nilai waktu itu ,memang tidak pernah mendaratkan manusia ke bulan. Sedangkan yang umat manusia saksikan pada Juli 1969 melalui TV , menurut Bill Kaysing, salah satu peragu utamanya ,adalah hoax. NASA menyebut para peragu ini adalah The Conspiracists tapi mereka, apa boleh buat, punya berbagai argumentasi mendetail terutama dalam fotografi seperti yang terkandung dalam  salah satu website mereka, http://www.clavius.org/site.html . Disana bisa juga ditemukan pembelaan para Proponents ( pendukung NASA) supaya kita bisa melihat dari dua sisi.

Ini bukan wacana baru memang, tetapi barangkali bisa sedikit menyadarkan kita- kita yang sampai saat ini masih menganggap apa- apa yang tertayang di mass media TV adalah selalu kebenaran. (Pertama ditulis 11 Maret 2003)

Kisah Apollo 11 ( proponent) : http://en.wikipedia.org/wiki/Apollo_11

Catatan: pada saat yang hampir bersamaan  dengan misi Apollo 11, Uni Soviet meluncurkan ( 3 hari sebelum Apollo 11) wahana tak berawak Luna 15 untuk mendarat ke bulan. Ini menunjukan bahwa ada semacam perlombaan ke bulan. namun sayangnya menurut “sejarahnya”  Luna 15 jatuh di bulan sehingga gagal  untuk menjadi  ” saksi ” pendaratan manusia pertama di bulan.

Alasan  terlambat 40 tahun. Menurut mantan peneliti NASA Prof. Brian O’ brien di ITS Surabaya, debu bulan yang lengket menghambat penelitian disana : http://cetak.kompas.com/read/2010/10/06/03462085/debu.bulan.ganggu.penelitian.apollo

China membayangi : http://cetak.kompas.com/read/2010/10/20/02595613/otoritas.moneter.bisa.picu.krisis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: