Pertanyaan yang tersisa disekitar KONPERENSI MEJA BUNDAR 1949

Sebuah foto oleh alm Kol. Teddy Sunartadirdja ,yang belum pernah dipublikasikan, Sukarno dan Lyndon Baines Johnson waktu itu masih wakil presiden AS

Kenapa bukan Sukarno yang datang ke KMB? Ada yang bilang karena beliau berkukuh RI sudah berdaulat sejak thn 45. Tetapi dilain pihak pasti Belanda tak mau mengakui hal ini dong. Anehnya kenapa Belanda toh mau terima orang no.2( Hatta) sementara dari pihak Belanda  tak kurang Ratu yang hadir. Apa Ratu Belanda sebenarnya tak mau terima Sukarno ? Pertanyaannya jadi: apa sebutan posisi Hatta dibawah tanda tangan beliau pada dokumen perjanjian KMB ( secara protokoler apa mungkin : “Wakil Presiden RI”, sementara Counterpartnya: ” Ratu Belanda” )?  Sementara pihak berkilah bahwa Sukarno hatta adalah satu kesatuan yang disebut Dwitunggal, tetapi ini tidak memuaskan karena menimbulkan pertanyaan lagi : kenapa nggak dua duanya datang?

Atau mungkin KMB sebenarnya secara resmi,bukan perundingan 2 pihak tetapi tindakan sepihak dimana Belanda menyerahkan ( menghadiahkan) kemerdekanan kepada RI. Apa secara diplomatik posisi yang tak setara itu bisa diterima. Perlu untuk melihat dokumen konperensi aslinya sebelum kita bisa memahami semua ini. Dalam sebuah otobiografi Sukarno pernah mengeluh bahwa dia ingin sekali mengunjungi negeri Belanda tetapi undangan tak pernah kunjung datang. Belanda mungkin bertahan ( hingga kini) bahwa RI yang diproklamirkan tahun 1945 tak pernah ada, termasuk presidennya, yang ada  hanya yang sesudah KMB1949 ini. Dilain pihak ada yang mengatakan bahwa Sukarno berpantang menginjak tanah Belanda (  dengan alasan yang tak begitu jelas).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: