BUKIT BARISAN BERPENAMPANG HURUF M

Danau Toba dilihat dari ujung selatan dekat Tongging. Bukit di kiri dan kanan adalah dua puncak huruf M ( foto oleh  Ir. Rosadi)

Ada teori bahwa munculnya pegunungan Bukit Barisan adalah akibat double subduksi plate Hindia Andaman dan plate Asia Australia . Akibat subduksi ganda tersebut ( mungkin keduanya terjadi diwaktu yang berbeda) menghasilkan pegunungan yang memanjang sejajar dengan pertemuan kedua kerak bumi tersebut ( sejajar juga dengan pulau Sumatera) yang berpenampang seperti huruf M. Di jurang antara puncak huruf M tersebut kadang terperangkap air yang menjadi danau danau di sepanjang Bukit Barisan. Antara lain Danau Takengon 1200 m diatas permukaan laut, D. Toba 900 m d.p.l, Danau Singkarak 600 m d.p.l, D. Diatas 1560 m d.p.l, D. Dibawah 1500 m d.p.l. Ciri cirinya utama : umumnya berbentuk elips memanjang sejajar dengan pegunungan. Jadi teori yang mengatakan bahwa danau Toba adalah hasil ledakan volkanik sangat meragukan.  Kalau ledakan volkanik bentuk danau cenderung bundar.

Barangkali video ini bisa dianggap mendukung teori ini ini dan membantu untuk lebih mudah memahami:

http://vod.kompas.com/read/2012/04/21/011116/Sesar.Semangko.Membelah.Sumatera

2 Responses to BUKIT BARISAN BERPENAMPANG HURUF M

  1. […] BUKIT BARISAN BERPENAMPANG HURUF M March 2010 Possibly related posts: (automatically generated)#1 Page and Top 3 Posts In 2009RebootAdam’s Blog on Helath Care Issue […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: