SUMUR MINYAK TAK KENAL TEMPAT

sumur minyak di lautpun dikejar dengan oil rig ini

Berita Sinar Pembaruan 4 November 1989.

PERTAMINA TEMUKAN MINYAK DI PONDOK GEDE, BEKASI

Pertamina Unit Explorasi dan Produksi ( UEP) III telah berhasil menemukan minyak dan gas pada pemboran sumur eksplorasi Jatinegara ( JNG) 1 yang merupakan sumur taruhan ( wildcat well) pada struktur Jatinegara di desa Jati Sampurna kecamatan Pondok Gede kabupaten Bekasi . Terletak hanya beberapa km dari TMII.

Pemboran diresmikan pada tanggal 17 Juli 1989 oleh Gubernur Jawa Barat H.R. Moh. Yogie SM dengan didampingi oleh Dirut Pertamina Drs. F. Abda’oe. Direktur Eksplorasi dan Produksi G.A.S Nayoan serta Wakil presiden Jawa oil Company ( JOLCO) Naotoshi Tsuchiya.
Sumur mencapai kedalaman akhir 2050 meter pada tanggal 12 September ( setelah pemboran selama 72 hari).

Dari beberapa uji produksi yang dilakukan, dihasilkan minyak 371,72 barel per hari dari selang kedalaman 832-838 meter dan gas sebesar 2.92 dan 3.19 juta kaki kubik per hari masing masing dari selang kedalaman 832-838 meter; 568-571 meter dan 491-495 meter; 470-477 meter.
Lokasi sumur JNG-1 berada hanya di sekitar 7 km dari jalur pipa gas Cilamaya –Cilegon, sehingga mudah dipertautkan untuk mensuplai kebutuhan gas Pabrik Baja Cilegon, kebutuhan gas kota Metropolitan Jakarta dan industri lainnya sepanjang jalur pipa gas tersebut. Data hasil pemboran sedang dipelajari untuk penentuan tindak lanjut sementara perangkat bor akan dialihkan ke daerah Cirebon.
Pemboran sumur eksplorasi JNG-1 ini merupakan bagian dari kegiatan eksplorasi yang dilakukan oleh Petamina dengan memanfaatkan dana pinjaman dari JOLCO Jepang.
(PR/D-5)

masih soal minyak menurut Kwik Kian Gie:http://www.jakartapress.com/www.php/news/id/13162/Kwik-Khayal-Target-Pertumbuhan-RI-versi-Pemerintah.jp  ( Maaf site ini sementara tidak bisa di akses)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: