MESIN JET TERKUAK KELEMAHANNYA

Sejak di temukan dan dioperasikan mesin jet atau nama teknisnya turbo gas atau turbo jet (dikembangkan didasarkan prinsip tenaga jet atau hembusan kuat fluida yang sudah dimulai sejak tahun 1692 dan disempurnakan hingga operasional secara terpisah oleh Hans Pabst von Ohain dan Sir Frank Whittle di sekitar tahun 1930) menjadi suatu pilihan mesin yang sangat efisien terutama untuk pesawat terbang. Ke efisienannya, yang meliputi desain pembuatan dan pengoperasiannya, tidak berhenti berkembang dan terus melaju hingga kini. Turbo jet selalu mengiringi dengan setia kemajuan teknologi pesawat terbang hingga kini. Semakin kuat semakin efisien sehingga seolah olah mesin ini diciptakan untuk pesawat terbang.

Namun kini kelemahan mesin turbin gas ini mencuat saat menghadapi abu volkanik dari letusan gunung glasier Eyjafjallajokull di Islandia yang terjadi baru baru ini pada 20 Maret dan 14 April 2010.

Abu volkanik ini sialnya meniup ke arah tenggara dan menutupi hampir seluruh ruang udara Eropah hingga memustahilkan semua penerbangan regular komersial disana selama hampir seminggu tanpa kepastian kapan berakhir. Ratusan ribu penumpang ke dan dari Eropa terdampar di bandara seluruh dunia dan Kerugian diperkirakan total 200-300 juta dollar AS per hari.

Seperti diketahui mesin jet sangat sensitif dengan benda benda terbang yang bisa terhisap olehnya. Sementara semua jenis pesawat penumpang reguler komersial di dunia pasti ditenagai mesin jet, entah turbrop atau turbofan.

Kejadian yang pernah menimpa sebuah pesawat mesin jet hingga memaksa pilot Qantas Airways melakukan pendaratan darurat di Jakarta ketika abu gunung Galunggung yang meletus di tahun 1982 – 1983 ,masuk ke mesin pesawat tersebut merupakan kepastian dari kelemahan mesin jet. Sejak itu belum ada cara untuk mengatasi gangguan teknis semacam ini sehingga pihak yang berwenang diseluruh dunia tak punya pilihan selain melarang penerbangan didalam bentangan abu volkanik.

Berita  terkait : http://www.msnbc.msn.com/id/36637380/ns/travel-news/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: