PULAU TUMPAS HIJAU

Sebuah pulau yang terletak di kepulauan Selayar antara Sulawesi Selatan dan Pulau Flores tampak berwarna coklelat tanah hampir tanpa hijau sedikitpun. Pulau yang menurut google earth bernama pulau Bonerate

pulau Bonerate seperti terlihat dari satelit pada ketinggian k.l. 25km. courtesy google earth

yang luasnya kira kira 50 km persegi tersebut hanya menampakan sedikit kehijauan yang mungkin juga merupakan tanaman yang mulai tumbuh kembali. Bagaimana sampai tumpas hijaunya sepertinya perlu penjelasan dari pihak yang mewewenangi pulau tersebut atau penduduk penghuninya ( kalau ada). Apakah kejadian alami atau berkat intervensi manusia?

One Response to PULAU TUMPAS HIJAU

  1. Qamar Fitrah says:

    saya orang asli pulau itu, pulau bonerate memang pulau yang gersang, tanah berupa batuan karang, disana tidak ada hutan lebat, hanya semak-semak dan ilalang, bukit tertinggi sekitar 300 m dari permukaan laut (kalau tidak salah). tapi jangan salah, untuk ukuran pulau kecil yang gersang, pulau bonerate, menurut pengamatan saya, merupakan pulau termaju di antara pulau-pulau lainnya di seluruh kabupaten. mata pencaharian penduduk adalah, petani (jagung, jambu mete, kacang hijau, kelapa) dan nelayan. akses transportasi ke sana pun sangat mudah dan murah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: