RAHWANA DAN SHITA

Lukisan karya Li Ming ini menggambarkan adegan penculikan Shita oleh Rahwana yang menunjukan wahana teknologi tinggi yang dikendarai mereka ( pesawat anti gravitasi?)

Aku Rahwana , Engkau Shita

Cerita klasik selalu bisa dibaca berlapis lapis. Ditingkat hitam putih cerita mengemukakan soal benar dan salah. Lapisan ini diperuntukan untuk anak anak untuk mengembangkan akhlak dasarnya. Dilapis kedua masuk warna abu abu, diceritakan kepada remaja untuk memahami sifat sifat manusia di lapis terbawah diramaikan oleh warna warni menggambarkan hikmah dan kebijakan menuju kekebijaksanaan manusia.

Dimasing masing tingkat thema berubah ubah demikian juga citra tokoh tokohnya. Rahwana di tingkat hitam putih ditetapkan sebagai tokoh yang bersalah karena menculik Shita, tatapi apakah juga demikian di tingkat warna warni?

Coba kita lihat moral dari cerita:

Shita dalam bahasa Sanskrit adalah burrow dalam bahasa Inggris, artinya adalah parit parit kecil yang dibuat petani disekitar gundukan tanah untuk menanam .

Secara umum Shita dimaksudkan sebagai perlambang  pertanian yang diperebutkan olah Rama dan Rahwana. Kedua tokoh ini tentu melambangkan pemilik modal atau penguasa politik yang menentukan haluan negara masing masing. Rama mewakili tokoh penguasa konservatif yang ingin bertahan pada pertanian murni sedangkan Rahwana adalah tokoh pembaharu/ transformasi yang menghendaki campuran antara pertanian dan industri/perdagangan.

Dalam kaca mata  anda apakah Rahwana tetap sebagai tokoh hitam?

Sumber lukisan Li Ming: Buku: Hanuman based on Valmiki’s Ramayana Retold by Erik Jendersen and Joshua M. Greene , TricyclePress Berkeley , California 94707

Rama dan Shita, lukisan batik oleh Roelijati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: