GRAFEN MATERIAL NANOTEKNOLOGI

Graphit terdiri dari lapisan lapisan tipis grafene, setipis satu sel atom seperti terlihat pada gambar dimana susunan atom carbon ( bola-bola), membentuk segi enam segi enam yang bersambungan membentuk kisi kisi dua dimensi, berbentuk sarang tawon. Betapa tipisnya selembar grafen bisa digambarkan begini: selembar grafit setebal 1mm terdiri dari 3 juta lembar lapisan grafen!

Harian KOMPAS hari ini ( 15 Juni ) mengedepankan material grafen ( graphene)  yang sedang dalam penelitian dan pengembangan. Artikelnya  ditulis oleh Agnes Aristiarini. Grafen adalah material kristal 2 dimensi mirip selembar kertas, hanya tebalnya cuma satu sel atom.

Bisa dibayangkan tipisnya dan transparannya. Yang lebih penting lagi grafen akan punya tingkat hambatan aliran listrik mendekati nol. Suatu sifat bahan / property  impian bagi para insinyur listrik, akan  menjadi berkah luar biasa bagi pengembangan super konduktor dan industri elektronik. Tapi tentu saja hampir semua cabang industri  tentu akan banyak mendapat manfaat dari grafen ini. Saya  membayangkan kalau suatu saat masuk kedunia konstruksi karena properti ekstrim lainnya, material ini akan semakin membuka keliaran baru dalam arsitektur.

Sementara ini tentu yang paling berkepentingan adalah produsen produsen gadget elektronik, namun  siapa tahu akan berkembang ke arah arsitektur. Arsitektur di masa depan tak terhindarkan lagi merupakan nano arsitektur. Semua bahan bangunan yang diperlukan bisa dipesan propertinya ( warna, kekuatan , arah serat , transparansi, translucency, dll berdasarkan struktur atom yang dibutuhkan) berdasarkan teknologi nano. Berkebalikan dengan sekarang dimana arsitek “terpaksa ” mengikuti properti dan sifat sifat bahan bahan yang ada untuk mendesain karyanya.

Properti apa yang bisa digali dari grafen?  Secara umum tentu saja harus dikatakan bahwa propertinya ( sifat sifat bahan) adalah properti yang ekstrim maklumlah ini kan nano teknologi.

Pertama tama adalah grafen punya batas  tegangan tarik 100 kali dari baja biasa ( ini khabar baik buat industri dirgantara). Kedua punya sifat transparansi lebih bening dari kaca. Ketiga punya sifat superkonduktor seperti disebut diatas, karena  susunan atom 2 dimensinya membuat elektron bergerak bebas tanpa hambatan didalamnya. Daftar properti ini tentu akan bertambah panjang seiring dengan perkembangan penelitiannya dan penggunaannya tentu akan lebih meluas.

Yang paling penting adalah ketersediaanya atau cadangannya karena grafen ini sebenarnya adalah sesuatu yang membentuk bahan yang sudah lama kita kenal: graphit. Graphit adalah kristal yang terbentuk dari lapisan lapisan super tipis grafen. Kalau kita menulis diatas kertas  dengan sebuah pensil, setiap goresan pensil akan meninggalkan selapis atau beberapa lapis grafen. Seperti kita tahu graphit adalah bagian hitam dari pensil terbuat dari graphit.

Deposit alamiah graphit tersebar hampir merata di seluruh permukaan bumi, tidak seperti elemen rare earth ( antara lain neodymium, europium dan terbium) yang banyak diperlukan dalam industri gadget elektronik yang sebagian besar hanya berada di China dan (baru baru ini di temukan oleh Jepang) didasar lautan Pasifik.

Grafik studi properti cahaya pada grafen

Kemungkinan Airbus sudah mengantisipasi penggunaan bahan ini:

http://id.berita.yahoo.com/airbus-unveils-transparent-airplane.html

artikel sumbernya ( bayar):

http://cetak.kompas.com/read/2011/06/15/02374389/.menggadang.grafen.mengubah..masa.depan

Grafen didunia pasar saham  ( analisanya cukup informatif ):

http://www.outsiderclub.com/report/how-to-invest-in-the-graphene-revolution/941

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: