DE JONGE

de Jonge

Jonkheer Bonifacius Cornelis de Jonge adalah gubernur jenderal Hindia Belanda yang ke 60, berkuasa tahun 1931-1936 dimasa masa ketika pergerakan nasional sedang bersemi. Kata katanya yang terkenal waktu itu adalah “ Kita sudah berada di Hindia-Belanda selama 300 tahun , kita pasti harus bisa berada disini selama 300 tahun lagi”. Sesumbarnya patah beberapa tahun kemudian ketika Hindia Belanda bertekuk lutut pada Balatentara Jepang di tahun 1942. Kemudian semakin tak ada harapan ketika bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya di tahun 45.

Tapi sekarang melihat keadaan RI apakah kata kata  De Jonge seluruhnya salah? Terutama di soal kedaulatan ekonomi Indonesia yang semakin lama semakin jelas sangat di kompromikan dengan kepentingan ekonomi asing. Terutama lagi melihat politik hutang kita yang membuat negara dibebani tumpukan hutang yang sekarang ini mencapai hitungan 16 digit sementara penduduk Indonesia “hanya” dalam hitungan 9 digit.

One Response to DE JONGE

  1. Ucapan de Jonge, ya tidak salah, ucapan penjajah: yang salah kita . Kalau tetap menuruti apa kata penjajah. Kalau kita sudah merdeka, tetapi tetap menuruti apa kata bekas penjajah, atau negara mana pun yang mendikte pemerintah kita, ya tidak merdeka namanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: