MAKNA SABDA NABI” ” TUNTUTLAH ILMU HINGGA NEGERI CHINA”

[IMG]

Interior sebuah mesjid di Beijing sebagai bukti interaksi Islam dan China ( foto courtesy Raat ki Rani, http://www.tafrehmela.com/threads/masjid-beijing-china.168156/)

Hadis Nabi : “belajarlah hingga negeri China” bisa jadi maksudnya “pelajarilah Confucius”. Coba kita cermati 3 prinsip ajaran Kong Hu Cu yakni

1. Ren adalah sikap altruisme, peduli dengan keadaan /nasib orang lain dan kita harus melakukan sesuatu untuknya yang mirip dengan Amal saleh.
2. Yi ajaran yang mewajibkan kita untuk menegakkan kebenaran dan keadilan yang senada dengan Amar maruf.
3. Li mengharuskan sesorang mengembangkan dirinya dalam nilai moral ( self cultivation) yang mengngatkan kita untuk selalu meningkatkan Akhlak.

Lebih jauh lagi pada akhir abad 17 , Muslim Hui di China Barat Daya (di daerah jalur sutra) mengembangkan apa yang disebut sebagai kitab Han yang tujuannya menyelaraskan ajaran Islam dengan ajaran Kong Hu Cu dan Taoisme yang predominan di China waktu itu. Kitab ini dianggap sebagai sumbangsih besar dari Muslim Hui bagi penyebaran agam Islam di China khususnya dan di seluruh permukaan bumi umumnya.
Tentu saja kata “hingga negeri China” , berarti juga negara negara yang berada diantara Mekkah dan negeri China antara lain Persia dan India.

Kalau semua diatas benar, pantas saja Samuel Huntington menambahkan juga Confucianism dalam daftar Peradaban yang akan berkonflik dengan peradaban Barat  dalam bukunya ” The Clash of Civilizations and the remaking of  World Order”(1996).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: