SANITASI UNTUK BANGSA

DSCI0384

Mahatma Gandhi pernah mengatakan bahwa sanitasi lebih penting dari kemerdekaan. Tentu beliau mengatakan itu sesudah India mendapatkan kemerdekaan. Artinya sanitasi sebenarnya adalah perjuangan besar berikutnya setelah perjuangan mendapatkan kemerdakaan.

Blog dari Radio Australia  dibawah ini menyatakan bahwa baru sekitar 50% penduduk Indonesia punya akses ke sanitasi yang sehat.

http://www.radioaustralia.net.au/indonesian/radio/onairhighlights/baru-setengah-populasi-di-indonesia-miliki-sanitasi-layak/1027016

Sementara itu  telah dianggarkan 170 miliar rupiah untuk simulator SIM yang sebenarnya  bisa untuk membangun kira kira 17 juta unit WC layak bagi 51 juta penduduk RI. Kalau penduduk kita  berkisar 200 juta berarti 50% masalah sanitasi ini bisa selesai.

Kesimpulannya: para perencana pembangunan Nasional kita memang tidak tahu mengatur prioritas, atau korupsi itu memang dirancang secara konsepsional dengan mengorbankan kepentingan warga bangsa.

 

Bank Dunia menyebut 57 juta bangsa Indonesia tidak punya jamban ( Metro TV running text hari ini 13 April 2014 jam 6:45 pagi).

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: