GANJIL GENAP

DSCN9799k

Pemberlakuan nomor genap–ganjil yang akan dilakukan Pemda DKI pada Maret 2013 yang akan datang, hanya akan mendorong pembelian mobil lebih banyak lagi. Pemilik kendaraan yang hanya memiliki nomor genap atau ganjil saja, akan melengkapi “ koleksi mobilnya hingga dia bisa tetap ber mobil–ria setiap hari. Mungkin setahun dua tahun memang akan ada hasilnya, tetapi setelah itu Jakarta akan memasuki kemacetan dalam stadium yang lebih tinggi lagi. Kebijakan ini akhirnya hanya akan meningkatkan titik jenuh pasar kendaraan pribadi yang memang sudah hampir dilewati. Sama dengan jalan layang Antasari dan Kasablanka . Buktinya lihat saja, 4 underpass di arteri Pondok Indah hanya memberikan kelancaran sekitar 2 tahun ( setelah masa pembangunan keempatnya sekaligus berlangsung  kurang lebih 3 tahun /yang membawa penderitaan tersendiri) , kemudian kemacetan malah lebih parah dari sebelumnya. Kebijakan-kebijakan taktis ini seperti menduakalilipatkan pasar mobil di Jakarta yang selanjutnya akan menduakalilipatkan kebutuhan BBM Jakarta lengkap dengan subsidinya.
Mengatasi kemacetan di Jabodetabek memang tidak bisa dilakukan di hilir dan secara taktis saja, tetapi secara strategis dan di hulu masalahnya antara lain Urban sprawlnya Jabodetabek.

Sebenarnya ada yang cara mudah mengatasi padatnya kendaraan pribadi yaitu biarkan titik jenuh ruang kendaraan pribadi di Jakarta tercapai hingga sistim transportasi berbasis mobil pribadi di Jakarta runtuh pelan pelan dengan sendirinya dan pengguna kendaraan pribadi yang keras kepala akhirnya menyerah dan membuka mata dan hatinya dan segera mendukung alternatif yang lebih efisien , tidak hanya menunggu saja. Namun cara ekstrim ini tentu ini bukan pilihan terbaik.

Sebaiknya di pikir-pikir dan dihitung hitung lagi kebijakan ini dangan pemikiran untuk mengatasi kemacetan dengan cara yang lebih makro.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: