WILLEM-ALEXANDER DAN PROKLAMASI

6C7179212-tdy-130501-royals-willem-alexander.blocks_desktop_medium

Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima ketika dilantik pada 30 April 2013.

Negeri Belanda punya raja baru hari ini. Apakah negeri ini sudah mengakui Proklamasi 17 Agustus 45 atau masih bertahan di KMB 1949? Dulu Belanda sudah mau menyatakan pengakuan proklamasi, tetapi sayang SBY yang waktu itu sedianya menerima pengakuan secara resmi membatalkan kunjungannya ke negeri tersebut di menit menit terakhir gara gara ancaman cecunguk RMS. Bagaimana kelanjutan pengakuan itu sekarang?  Memang pengakuan ini tidak berpengaruh sama sekali dengan status RI dimata internasional Negeri belanda telah mengakui kedaulatan RI bagamanapun juga, tetapi banyak hal terjadi diantara 17 Agustus 1945 hingga 19 Desember1949 yang bisa kita gunakan sebagai tuntutan hukum Internasional dan segala konsekuensinya bagi Belanda. Antara lain agresi militer ke Yogya ( karena Belanda menganggap RI belum merdeka waktu itu mereka mengaku kejadian tersebut sebagai aksi polisionil dari negara ke warganya). Kita bisa menuntut kompensasi akibat kejadian itu.keluarga keluarga yang cedera atau tewas bisa minta ganti rugi. Itu baru salah satunya. Kita bisa juga minta kembali uang yang dibayarkan RI ke Belanda berdasarkan Perjanjian KMB untuk kompensasi penyerahan kedaulatan.( karena KMB dengan demikian dianggap tidak ada). Tentunya masih banyak lagi.

100_1779cr

Naskah Proklamasi di tanda tangani diatas sebuah piano oleh Ir. Sukarno dan Drs. Mohammad Hatta di suatu rumah di jalan Imam Bonjol Jakarta.

Tot betere tijden.

100_1853cr

Suasana Konferensi Meja Bundar ( KMB ) di Den Haag 1949. Mejanya tidak benar benar bundar sebenarnya. Dihadiri oleh Ratu Belanda tetapi kenapa tidak dihadiri oleh Presiden RI?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: